Skip to main content

TIPS DAN CARA MEMELIHARA KUCING

Bagi saya, kucing adalah hewan terlucu di dunia. Saya suka semua jenis kucing. Itulah yang menyebabkan saya sekarang ini memelihara 8 kucing di rumah saya (walaupun kucing kampung semua hehehe). Sebenarnya, saya sudah memelihara 19 kucing. 19 kucing itu ada yang saya ambil dari jalanan dan ada anak dari kucing yang telah saya pelihara sebelumnya. Tapi, 11 kucing saya mati semua karena sakit. Menurut saya memelihara kucing itu susah susah gampang. Memang saya tidak memberikan imunisasi pada kucing saya karena saya tidak mempunyai banyak uang. Bayangkan saja 1 kucing butuh dana sekitar Rp.200.000 untuk sekali imunisasi. Yang punya aja jarang ke Dokter hahaha. Padahal, saya sudah menjaga agar lingkungan kucing itu sebersih mungkin. Ternyata kucing yang belum diimunisasi sangat mudah terjangkit penyakit walaupun lingkungan sudah kita jaga sebersih mungkin. Terbukti dari 19 kucing yang saya pelihara, 11 diantaranya mati. Ini adalah beberapa foto kucing saya




Dari pengalaman itu, saya ingin memberikan tips untuk merawat kucing agar kucing menjadi sehat dan insyaallah panjang umur :

  • Apabila anda tidak mempunyai uang yang cukup banyak, lebih baik anda memelihara sedikit kucing saja

Walaupun kita hanya punya 1 kucing tetapi apabila kucing itu kita rawat secara baik seperti diusahakan agar diimunisasi dan diperhatikan secara maksimal baik dari kesehatannya, lingkungannya, makanannya, tempat kotorannya, dan tempat tidurnya, saya yakin kita akan merasa puas melihat kucing itu tumbuh dengan sehat daripada punya banyak kucing tapi kita tidak bisa memeliharanya secara maksimal. Dari pengalaman saya, ada satu hal yang membuat kita menambah kucing untuk kita pelihara. Yaitu "kasihan". Kita kadang menemukan anak kucing di jalan yang lucu tapi kesepian. Kita jadi merasa kasihan dan membawa anak kucing itu untuk dipelihara. Itu boleh-boleh saja apabila uang kita banyak. Tetapi, apabila uang kita terbatas, lebih baik kita batasi berapa banyak kucing yang bisa kita rawat secara maksimal. Daripada kita akan tambah kasihan lagi melihat kucing yang kita ambil itu akan mati karena sakit dikarenakan kita tidak bisa merawat secara maksimal.

  • Beri kucing makanan yang berkualitas dan berikan secara teratur setiap 3 kali sehari

Menurut pengalaman saya, ada 3 makanan kucing yang berkualitas yaitu :
1. Science Diet
2. Royal Canin
3. Pro Plan
Tapi, harga makanan kucing itu agak mahal. Kalau tidak mempunyai uang cukup, beli saja Whiskas atau Friskies. Yang terpenting adalah kita harus memberikan makanan kucing secara teratur agar kucing tidak sakit.

  • Berikan obat cacing dan vitamin secara teratur

Kucing adalah hewan yang sering cacingan. Oleh karena itu, kita harus memberikan obat cacing setiap 3 bulan sekali. Saya merekomendasikan obat cacing Drontal. Harganya sekitar Rp.20.000/tablet. Apabila kucing masih berumur kurang dari 3 bulan, berikan Combantrin dulu. Kalau sudah 3 bulan, baru dikasih Drontal. Kalau vitamin, saya sarankan Nutri-plus gel. Harganya sekitar Rp.70.000.

  • Mandikan kucing secara teratur

Kita harus memandikan kucing secara teratur untuk menghilangkan kutu dari kucing. Kutu itu ternyata dapat menyebabkan kucing cacingan loh. Kalau bisa, mandikan dengan shampo khusus kucing karena pH shampo kucing dengan shampo manusia itu berbeda. Mandikan sebulan 2 kali. Jangan terlalu sering memandikan kucing, karena saya pernah baca kalau kucing memiliki minyak di kulitnya yang berguna untuk daya tahan tubuh kucing itu.

  • Bersihkan lingkungan, kandang, tempat kotoran, dan tempat tidur kucing secara berkala

Jagalah agar lingkungan sekitar kucing tidak kotor. Kita harus membersihkan kandang, tempat kotoran, dan tempat tidur kucing secara berkala. Untuk tempat kotoran kucing, gunakan pasir yang memang khusus untuk tempat kotoran kucing. Kita bisa beli di supermarket atau di petshop. Lalu untuk alas tempat tidur kucing, kalau bisa dibelikan tempat tidur untuk kucing. Kalau dana kita terbatas, berikan bantal yang tidak terpakai atau setidaknya berikan keset dan kain sebagai alas agar kucing tidak kedinginan.


Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman saya. Kucing memang dapat menghilangkan stres kita dengan melihat tingkah lakunya yang lucu. Namun apabila kita tidak bisa memelihara kucing kita secara baik, justru kita akan stres karena melihat kucing kita menderita karena sakit. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga tulisan ini bermanfaat! Tetap sayangi binatang dan tetap di "Melvin Hutomo, Sharing Knowledge Through Experiences"!


"I wish I could write as mysterious as a cat"
~Edgar Allan Poe~










Comments

  1. "saya juga pecinta kucing ,kucing saya ada 11 ekor dan semua kucing kampung,saya tidak pernah memberikan imunisasi pada kucing saya cukup diberi susu seminggu 3 x saja makanannya juga nasi dicampur ikan,alhamdulillah kucing saya sehat dan gemuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji syukur anda org yg baik mau memelihara kucing2 ini.. Tp saya sarankan utk memvaksinnya.. Krn pengalaman saya yg tdk memvaksin kucing sy (krn sy pikir kucing kampug imunnyya kuat) mrk malah sakit. Dan biaya yg di keluarkan malah smakin byk. Dan yg paling mengiris hati ketika melihat mrk menderita. 200rb utk setahun.amoga rejekk kita dilancarkan. Krn tdk ada yg mjd miskin dg berbagi kan?

      Delete
    2. blog yang sangat bagus, artikel kali ini sungguh sangat menarik, terimakasih atas infonya..
      salam

      Delete
  2. Duh pingin rawat anak.kucing... tapi kok rasana susah yah... gimana pupna yah untum baby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak susah kok, kak. Untuk pup, anak kucing pandai sekali untuk dilatih. Apalagi jika usia anak kucing masih dini. Sediakan saja litter box berisi pasir di dekatnya. Saat akan pup, kucing akan secara naluriah mencari pasir untuk menggali dan pup. Kucing akan tau sendiri dimana ia harus pup kok, kak :) selamat memelihara! Memelihara kucing menyenangkan loh, kak :) :) :)

      Delete
  3. saya mau tanya kalau kucing bulunya rontok, gimana atasi nya ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TIPS NUTRISI DAN LATIHAN UNTUK MEMBENTUK TUBUH ATLETIS

Hello guys! Ini postingan pertama di blog saya. Salam kenal ya dan semoga saya bisa aktif terus untuk membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat di blog saya ini. Jadi begini, awalnya saya iseng mencari keyword Mr Olympia di youtube. Eh, ternyata keluar nama Ronnie Coleman di beberapa video. Pas saya liat... parah badannya otot semua. Tangannya aja sama paha saya lebih besar tangan dia. Pantas dia bisa menang Mr. Olympia sampai 8 kali berturut-turut dari tahun 1998-2005 (Mr. Olympia adalah semacam sebutan bagi juara dunia bodybuilding). Ini fotonya Om Coleman. Saya terpana...(lebay). Dia yang membuat saya termotivasi untuk membentuk tubuh atletis dan membuat saya ingin bergaya hidup sehat. Saya jadi olahraga terus setiap dua hari sekali seperti mengangkat barbel atau tabung gas, jogging pagi-pagi, push up, sit up, dll. Saya memang ingin badan saya berbentuk, tapi nggak sampai begitu juga. Bagi teman-teman yang mungkin badannya ingin berbentuk seperti Ronnie Coleman ada tips yang saya

The King

Quiet quiet quiet palace White clothes lay mute Noiseless silent sword Waiting for the king arrived The king arrived Looking around the palace Leaves swaying dance Birds wake up from sleep The king was puzzled Deserted palace shattered Wind carrying the sound Whispered the king The king goes curious Towards noise The soldiers play leave liability The king was angry Noise to be quiet Metal scraping sound The king pull the sword Soldiers into stone silent... silent... Tip of the sword stuck in his head Beats waiting for the angel of death The wise king Dispose of the sword Lifted the soldier As He said .... "Do not leave your duty ..." Created by Melvin Hutomo